Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

FISIKA KINEMATIKA GERAK KELAS XI KURIKULUM MERDEKA BAGIAN 1

 

GERAK, JENIS GERAK, KINEMATIKA

Gerak merupakan perpindahan suatu benda. Suatu benda dikatakan bergerak jika mengalami perubahan posisi dari titik acuan. Jenis gerak dikelompokkan berdasarkan bentuk lintasannya, acuan pengamatannya, dan sifat kecepatannya. Salah satu cabang ilmu fisika yang mempelajari tentang gerak benda yaitu statika, kinematika, dan dinamika. Namun dalam hal ini kita lebih fokus mempelajari mengenai Kinematika.


KINEMATIKA

Ilmu yang mempelajari gerakan suatu benda tanpa meninjau penyebabnya. Sebuah benda dikatakan bergerak terhadap benda lain jika posisinya berubah menurut waktu. sebaliknya sebuah benda dikatakan diam terhadap benda lain jika posisinya tidak berubah terhadap waktu.

                Gambar 1. Kereta api dikatakan bergerak terhadap orang diluar kereta(sumber suara.com).


JENIS GERAK BERDASARKAN LINTASAN

Gerak Lurus

                                     Gambar 2. Sebuah mobil bergerak lurus(Sumber: akupintar.id)

Gerak Lurus merupakan gerak suatu obyek yang lintasannya berupa garis lurus. Jenis gerak ini disebut juga translasi beraturan. Pada rentang waktu yang sama, terjadi perpindahan yang besarnya sama.  Gerak lurus menandakan adanya perubahan posisi relatif terhadap titik acuan tertentu.

Gerak Melingkar
Gambar.3 Roda sepeda berputar secara melingkar(sumber:saintif.com)
Gerak melingkar merupakan gerak suatu benda yang membentuk lintasan berupa lingkaran mengelilingi suatu titik tetap. Agar suatu benda dapat bergerak melingkar dibutuhkan gaya luar yang selalu membelokkannya menuju pusat lintasan lingkaran.


Gerak Parabola


 Gambar.3 Gerak parabola dari penendang sepakbola (sumber:dewimaynastiti12.weebly.com/)

Gerak parabola merupakan gerak yang terdiri dari dua komponen kecepatan, yaitu kecepatan pada arah sumbu-\(x\) dan pada arah sumbu-\(y\). Gerak parabola pada seluruh lintasannya dipengaruhi gaya gravitasi.

Jarak dan Perpindahan

Jarak merupakan panjang lintasan yang ditempuh oleh suatu benda. Jarak merupakan besaran skalar karena hanya mempunyai nilai saja.  Sedangkan Perpindahan merupakan perubahan posisi suatu benda. Perpindahan merupakan besaran vektor karena memiliki nilai dan arah. Untuk dapat membedakan antara jarak dan perpindahan, perhatikan gambar berikut teman-teman.

Gambar.4 Perbedaan antara jarak dengan perpindahan(Sumber:pribadi)


Kelajuan 

Kelajuan merupakan jarak yang ditempuh tiap satuan waktu. Kelajuan merupakan besaran skalar karena hanya mempunyai nilai saja. 
Persamaan dari kelajuan sebagai berikut :
 \(v=\frac{x}{t}\)

dimana : \(v=\) kelajuan
               \(x=\) jarak 
               \(t=\) waktu

Kecepatan
Kecepatan merupakan besar perpindahan tiap satuan waktu. Kecepatan merupakan besaran vektor, karena hanya mempunyai nilai dan arah.

\(v=\frac{\Delta{x}}{t}\)
  
dimana : \(v=\) kecepatan
               \(\Delta x=\) perpindahan jarak
               \(t=\) waktu

Kelajuan Rata-rata
Jarak total yang ditempuh dibagi dengan selang waktu ;

\(v=\frac{\Sigma x}{\Sigma t}\)

dimana : \(v=\) kelajuan rata-rata
               \(\Sigma x=\) jarak total yang ditempuh
               \(t=\) waktu

Kecepatan Rata-rata
Perubahan posisi tiap satuan waktu ;

\(v=\frac{\Delta{x}}{\Delta t}\)

dimana : \(v=\) kecepatan rata-rata
               \(\Delta x=\) perpindahan jarak
               \(\Delta t=\) selang waktu

Untuk lebih memahami mengenai Kinematika pada bagian Jarak, perpindahan, kelajuan ddan kecepatan, silahkan liat penjelasan pada video berikut :


Latihan Soal
1. Wira melakukan perjalanan dari jakarta menuju bandung melalui puncak dan memerlukan waktu selama 7 jam. Mula-mula, mobil bergerak dengan kelajuan \(150\frac{km}{jam}\) selama \(2.5 jam\). Dua jam berikutnya, mobil bergerak dengan kelajuan \(55\frac{km}{jam}\) dan \(2.5 jam\) kemudian bergerak dengan kelajuan \(70\frac{km}{jam}\). Tentukan kelajuan rata-rata mobil yang dikendarai wira?

2. Mobil sedan bergerak  berdasarkan persamaaan \(5t^{4}\)\(+\)\(3t^{3}\)\(+\)\(2t^{2}\) dengan \(x\) dalam \(meter\) dan \(t\) dalam \(sekon\). Tentukan kecepatan rata-rata mobil sedan tersebut dalam selang waktu antara \(3s\) dan \(4s\) ?



Posting Komentar untuk "FISIKA KINEMATIKA GERAK KELAS XI KURIKULUM MERDEKA BAGIAN 1"